PERANGKAT KERAS UNTUK MENGAKSES INTERNET

A.Mengenal internet

   1.Jaringan internet
      jaringan komputer dapat dibedakan berdasarkan jarak dan area kerjanya ke dalam LAN,MAN,dan WAN. transfer data antar komputer pada LAN,MAN dan WAN dapat menggunakan kabel tembaga,serat optik, saluran telepon,bahkan menggunakan sinar infra merah dan sinyal radio.

a.local Area Network(LAN)
   LAN dibentuk dari beberapa buah sever , workstations , sistem operasi jaringan serta sebuah sambungan komunikasi .
sever adalah sistem berkecepatan tinggi yang mampu menangani penggunaan bersama atas file data dan program yang diakses oleh banyak pengguna melalui jaringan. workstations adalah dimana user bekerja melalui PC-nya , yang selain dimanfaatkan untuk bekerja secara mandiri juga mampu melakukan akses terhadap sumber daya jaringan sesuai dengan hak yang dimilikinya .


Hasil gambar untuk lan


b.Metropolita Area Network(MAN)
merupakan hubungan antarkomputer yang membentuk sebuah jaringan yang melayani organisasi
satu lingkup kerja yang menjangkau gedung yang berlayanan.




Hasil gambar untuk gambar man





c.wide Area Network (WAN)
yaitu jaringan komputer  yangmenjangkau area yang sangat luas.jaringan WAN menjangkau komputer anatarnegara,bahkan seluruh dunia.



Hasil gambar untuk gambar wan





2. Internet dan perkembangan
    perkembangan internet dipantau oleh internet seciety (ISOC),sebuah lembaga nirlaba internasional.
    sejak kemunculannya pada awal 1969,internet hanya menghubungkan empat buah komputer dengan sistem operasi yang berbeda beda. Internet tidak terlepas dari didirikannya lembaga penelitian.  Advanced Research Project Agency (ARPA) pada 1958 oleh pemerintah Amerika. ARPA membangun sebuah jaringan yang menghubungkan empat buah komputer dengan sistem operasi yang berbeda -beda yang disebut ARPANET.pada tahun 1973 para ilmuwan mulai memirkirkan cara untuk dapat terhubung dengan jaringan ARPANET. di indonesia, teknologi jaringan mulai berkembang pada akhir 1980,yaitu dengan berdirinya jaringan yang menghubungkan 5 universitas tersebut adalah universitas indonesia, terbuka(jakarta),institut teknologi Bandung, universitas Gajah Mada, dan institut teknologi surabaya.

3.Notasi kecepatan transfer data
   dalam dunia jaringan dan internet,kecepatan transfer data menjadi topik yang sering dibicarakan.
kecepatan transfer data diukur menggunakan satuan umum bit per second (bit per detik) atau disingkat bps

4.pengalamatan internet
    Alamat internet disebut sebagai  uniform resources Locator (URL).URL terdiri atas tiga jenis yaitu  Internet Protocol Addres(alamat internet protokol/alamat IP),Domain name system Addres (DNS Addres),dan alamat E-mail Addres(alamat E-mail).

B.Perangkat Keras Akses Internet
 
1.Perangakat Utama

  a.Komputer
     komputer adalah alat serba guna yang banyak membantu kehidupan manusia.
b.kartu jaringan 
kartu jaringan digunakan sebagai jembatan penghubung komputer ke jaringan.
c.Modem
   modem merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam siyal pembawa dan siap untuk dikirimkan.
modem berdasarkan bentuk fisik, dibedakan menjadi:
1.modem external



Hasil gambar untuk modem external


2.modem internal






Hasil gambar untuk modem internal




berdasarkan jaringan
1.modem kabel
2.modem wireless
d.saluran telepon
  saluran telepon diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet penggunaan saluran telepon diikuti dengan penggunaan modem dial up

2.peralatan pendukung
 
   a. hub/switch
hub digunakan sebagai alat penghubung antarkomputer.hub dan switch dapat melakukan transfer data dengan kecepatan hingga 100Mbps.bahkan,switch telah dikembangakan hingga mampu melakukan transfer data dengan kecepatan mencapai 1 Gbps.
  kekurangan hub yaitu memperluas daerah tabrakan data (collision domain). hal ini mengakibatkan penurunan unjuk kerja jaringan.

  b.Repeater
     Repeater digunakan sebagai penerima sinyal dan kemudin memancarkannya kembali.repeater dianggap memiliki nilai lebih karena benda ini mampu memperkuat sinyal.singkatnya,repeater berfungsi untuk menguatkan kembali sinyal dengan kekuatan sinyal yang asli.

c.Router
   Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket dat melaliu sebuah jaringan atau internet menuju tujuannya,melalui sebuah proses yang dikenal sebagai Routing.
   Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.


Hasil gambar untuk router


   secara umum,router dibagi menjadi dua buah jenis,yakni:
1).static router (rauter statis),adalah sebuah router yang memiliki tabel routing statis yang di setting secara manual oleh para administrator jaringan.
2).Dynamic router (router dinamis),adalah sebuah router yang memiliki dan membuat tabel routing dinamis,dengan mendengarkan lalu lintas jaringan dan juga dengan saling berhubungan dengan router lainnya.


 

                                                                       

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rp10.000 Bakal Jadi Rp10.

CERITA RAKYAT-KEONG MAS

Timun Mas